Sunday, July 26, 2009

profil cimahi

Pembangunan Pemeintahan Kota Cimahi kini telah banyak mengalami perubahan di berbagai aspek kehidupan. Di era globalisasi bidang Perpustakaan mengalami perkembangan yang cukup pesat baik di instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Peranan perpustakaan sebagai pusat informasi bagi kepentingan informasi, pendidikan, ilmu pengetahuan, penelitian, dan rekreasi yang diperintungkan bagi kepentingan masyarakat umum telah mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan suatu kebijakan tentang penyelenggaraan perpustakaan di semua wilayah. Hal tersebut tertuang dalam PP. No. 20 tahun 2000 tentang Otonomi Daerah, bahwa di Kabupaten/Kota dibentuk Perpustakaan Umum Daerah. Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 14 tahun 2003 tentang tupoksi unit Badan Perpustakaan Daerah Jawa Barat dimana didalamnya berkewjiban untuk membina, menginformasikan dan menghimbau kepada seluruh Kabupaten/Kota untuk mempunyai Perpustakaan Daerah. Untuk itu, maka Kota Cimahi diupayakan membentuk perpustakaan umum daerah sebagaimana yang telah diatur dalam UU RI No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Kegiatan Pelayanan Perpustakaan dikelola oleh Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengelola Data Elektronik yang dirangkum dalam Kegiatan Penyediaan Sarana dan Prasarana Bahan Pustaka Umum Daerah, khususnya Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik, umumnya Pemerintah Kota Cimahi harus mempunyai satu fasilitas layanan perpustakaan tersendiri.

Teknologi Informasi yang senantiasa berkembang dari waktu ke waktu membutuhkan penanganan yang serius dari Pemerintah Kota. Kemajuan Teknologi Informasi harus senantiasa didukung dengan peningkatan prasarana dan jaringan komunikasi. Kebutuhan akan akses data yang cepat dan akurat senantiasa menuntut up-grading dari segala fasilitas yang ada. Sarana dan prasarana yang mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) maupun jaringan (networking) membutuhkan tanaga SDM (brainware) harus senantiasa mengikuti perkembangan Teknologi Informasi yang terjadi.

Adanya perkembangan Teknologi Informasi inilah yang membutuhkan program dan arahan kebijakan yang tepat dari Pemerintah Kota. Program yang ada harus dapat mengantisipasi laju teknologi, kebutuhan organisasi, masyarakat pengguna jasa informasi serta dapat mendorong laju ekonomi dengan investasi dari terkomunikasikannya potensi daerah.

Dalam bidang kearsipan, Jadwal Retensi Arsip (JRA) merupakan pola dan panduan dari penanganan arsip kota. Urgensi dari JRA ini menyangkut nasib dan pengelolaan arsip kota di masa mendatang. Hal ini menyangkut fungsi arsip sebagai salah satu bahan pertanggung jawaban nasional. Sistem kearsipan yang mantap, menyangkut sarana dan prasarana depo arsip dengan segala fasilitasnya. Segala kebutuhan depo harus dapat terpenuhi. Hal ini juga menyangkut perkembangan teknologi penanganan kearsipan. Hal ini didasarkan semakin maju dan beragamnya alat pengelolaan kearsipan. Dalam hal ini juga menyangkut otomasi/ komputerisasi dan data base kearsipan. Diharapkan dengan pengaplikasian otomasi kearsipan akan memudahkan pencarian, penanganan dan pengelolaan arsip.

Perpustakaan sebagai salah satu sumber informasi masyarakat senantiasa dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Beragamnya kebutuhan informasi masyarakat serta perkembangan informasi itu sendiri menyebabkan perpustakaan harus senantiasa siap mengantisipasi kebutuhan yang ada. Disamping tuntutan pemenuhan kebutuhan informasi, perpustakaan sendiri menghadapi perkembangan teknologi informasi di bidang kepustakawanan. Otomasi dan data base perpustakaan telah menjadi suatu kebutuhan. Hal-hal tersebut pada akhirnya membutuhkan tenaga-tenaga pengelola perpustakaan yang kompeten (dibidangnya), kredibel (dalam memenuhi kebutuhan pengguna), dan up to date (terhadap perkembangan teknologi). Pada akhirnya semua faktor diatas membutuhkan program dan rencana kerja yang tepat dalam perjalanannya.

MAKSUD

  • Tersedianya layanan Perpustakaan Umum Daerah
  • Terlaksanakannya layanan Mobil Unit Perpustakaan Keliling
  • Terfasilitasinya kebutuhan masyarakat akan pengayaan pengetahuan

TUJUAN

  • Menyediakan informasi dan bahan bacaan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.
  • Meningkatkan minat dan budaya baca
  • Meningkatkan wawasan dan pengetahuan

SASARAN

  • Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai bagian integral dari kegiatan pembangunan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat Kota Cimahi.
perpustakaan.cimahikota

No comments:

Post a Comment